Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak Usia Dini | #appletreebsd


Apple Tree PreSchool BSD -  Hallo sob, kali ini saya akan memberikan informasi artikel kepada sobat semua tentang Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak Usia Dini.

Pendidikan anak usia dini adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidiakan sekolah dasar yang merupakan upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir hingga dengan usia enam tahun yang dibuat untuk pemberian rangsangan pendidikan untuk menolong pertumbuhan serta perkembangan jasmani serta rohani supaya anak mempunyai kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, serta informal. wikipedia
Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi baru melalui pengajaran, pelatihan dan penelitian. wikipedia

Tujuan utama didirikan pendidikan anak usia dini adalah untuk membentuk anak indonesia yang bernilai, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya jadi mempunyai kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar. Dan beberapa tujuan khusus dari pendidikan anak usia dini adalah untuk mengetahui kreatifitas anak, memahami arti bermain bagi anak usia dini.

Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Yang pertama orang tua atau keluaraga adalah guru anak-anak di rumah, guru tidak hanya ditemukan disekolahan, orang yang dapat mengajar orang lain dapat juga disebut sebagai guru. Kenapa keluarga/orang tua sangat penting terhadap pengaruh pendidikan anak?, karena orang tua adalah orang yang pertama yang melakukan pendidikan dan pembinaan terhadap anaknya, dikeluarga lah pertama kalinya kita dibina tentang karakter dan kepribadian kita. Dari kebiasaan sehari hari anak dalam keluarga, orang tua dapat mengetahui karaker anak anaknya seperti apa.
Yang kedua orang tua dapat menjadi pengawas pada anak-anaknya, sebagai keluarga, mengawasi merupakan fungsi utama dari keluarga untuk anak. Tidak hanya menjadi pengawas, keluarga juga dapat menjadi orang yang dapat mengontrol dan mengatur waktu bermain anak. Dunia anak-anak adalah dunia bermain jadi disini peran keluarga adalah mengawasi anak saat bermain.

Anak sudah mempunyai dunia sendiri, jadi dunia anak-anak berbeda dengan dunia orang dewasa. Masa anak usia dini adalah masa dimana anak potensi dan kreatifitas anak mulai muncul, oleh sebab itu peran orang tua dan keluarga sangatlah penting untuk perkembangan anak kedepannya. Nah jadi para orang tua mohon untuk menajaga anaknya, karena itu sangat penting dan berpengaruh pada masa depan seorang anak

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.
Ditinjau dari psikologi perkembangan, usia 6-8 tahun memang masih berada dalam rentang usia 0-8 tahun. Itu berarti pendidikan yang diberikan dalam keluarga maupun di lembaga pendidikan formal haruslah kental dengan nuansa pendidikan anak usia dini, yakni dengan mengutamakan konsep belajar melalui bermain. http://pengemisjalanan.blogspot.com

Masa usia dini adalah masa emas seorang anak yang merupakan masa kritis bagi anak, dimana perkembangan yang diperoleh pada mama ini sangat berpengaruh kepada perkembangan masa berikutnya sampai masa dewasa. Masa emas ini hanya datang sekali, jadi jika terlewat  berarti habislah kesempatannya. Untuk itu pendidikan untuk usia dini dalam bentuk  pemberian rangsangan-rangsangan (stimulasi) dari lingkungan terdekat sangat diperlukan untuk mengoptimalkan performa anak. Begitu juga dengan keluarga, dalam pendidikan anak usia dini orang tua dan keluarga juga sangat berpengaruh. Misalnya, kita sebagai orang tua jadi tahu bagaimana potensi perkembangan anak, kita juga jadi tahu apa yang dibutuhkan anak kedepannya.

Nah mungkin hanya ini artikel yang dapat saya share kepada teman-teman, apabila ada kesalahan mohon dimaafkan, dan jangan lupa tinggalkan komentar, karena satu komentar kalian sangat berharga untuk blog ini. Terima Kasih.

#appletreebsd

Baca juga : 
*Cermati Perbedaan Ciri-ciri Sepatu Balenciaga Speed Trainer Asli dan Palsu
*Contoh Soal TIK Beserta Jawabannya