Gejala Alam Biotik Dan Abiotik - Materi IPA


Gejala Alam Biotik Dan Abiotik - Gejala Alam dapat berupa gejala kejadian dan gejala kebendaan. Gejala alam kejadian merupakan peristiwa-peristiwa yang terjadi dialam seperti terjadinya hujan, pengkataran, pengendapan, pertumbuha, metamorfosis, pernapasan, fotosintesis, dan lain sebagainya. sedangkan gejala alam kebendaaan menunjukkan benda-benda yang ada di alam seperti pasir, tanah, besi, batu, burung, dan lain sebagainya.

Di alam ini, banyak gejala abiotik yang meyebabkan timbulnya gejala biotik baru, demikian juga banyak pula gejala alam biotik yang menyebabkantimbulnya gejala abiotik baru. Contohnya fontosintesis merupakan gejala biotik yang dipengaruh oleh gejala alam abiotik seperti intensitas sinar matahari dan suhu.

1. Gejala Alam Biotik

gejala alam biotik meliputi hal hal yang berkaitan dengan makhluk hidup, misalnya metamorfosis serangga, fotosintesis, penyerbukan, pertumbuhan makhluk hidup, dan lain sebagainya. Gejala alam biotik hanya dimiliki atau dapat dilakukan oleh makhluk hidup. Ciri-ciri gejala alam biotik antara lain : bergerak, bernapas, berkembang biak, peka terhadap rangsang, tumbuh dan berkembang.
  • Tumbuh dan berkembang
Semua makhluk hidup dapat mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran dan beratyang bersifat irreversible (tidak dapat kembali). Perkembangan adalah proses menuju kedewasaan yang dipengaruhi oleh hormon, nutrisi dan lingkungan.
  • Gerak
Semua makhluk menunjukkan kemampuan untuk bergerak. Kebanyakan hewan mampu bergerak dengan aktif.
  • Bernapas
Semua makhluk hidup bernapas. Pernapasan merupakan proses pengambilan oksigen dari udara dan melepaskan karbon dioksida dan uap air.
  • Berkembang biak
Makhluk hidup mampu berkembang biak. Ayam yang kita pelihara selang beberapa waktu akan bertelur. Telur itu akan menetas dan berkembang menjadi anak ayam sehingga jumlahnya bertambah banyak.
  • Peka terhadap rangsang
gejala biotik lain yang dimiliki oleh makhluk hidup adalah peka terhadap rangsang. Contohnya : tubuh kita akan berkeringat saat udara panas, dan daun putri malu akan mengatup saat kita sentuh.

2. Gejala Alam Abiotik

Gejala alam abiotik berkaitan dengan sifat fisik dan kimia diluar makhluk hidup, contohnya hujan, pelapukan, erosi, ledakan, dan lain sebagainya.Beberapa karakteristik atau sifat gejala alam abiotik antara lain sebagai berikut.

  • Wujud, benda abiotik dapat dibedakan wujudnya, yaitu padat, cair dan gas.
  • Bentuk, bentuk merupakan satu titik temu antara ruang dan massa.
  • Warna, gejala alam abiotik dapat diamati warnanya, air putih berwarna putih sedangkan kopi berwarna hitam.
  • Bau, gejala alam abiotik dapat dicirikan berdasarkan baunya. Misalnya kita bisa membedakan terasi dan petai dengan mencium baunya.
  • Rasa, beberapa benda abiotik dapat diketahui berdasarkan rasanya. Contohnya gula berasa manis dan garam berasa asin.
  • Tekstur, merupakan halus kasarnya permukaan benda.
Baca materi yang lainnya :