Menebar kebaikan Dengan Cara Bersedekah Dan Berinfak



Menebar kebaikan - Bersedekah adalah memberi sesuatu kepada kaum dhuafa atau kepda orang yang berhak menerimanya, bisa dalam bentuk uang maupun barang. Dan untuk pengertian berinfak sama seperti bersedekah ya temen-temen. Nah kali ini saya akan berbagi pengalaman pada temen-temen tentang besedekah versi saya.

Sebenarnya ada yang lebih wajib dari pada sedekah temen-temen, yaitu zakat. Zakat adalah memberi sebagian harta kita terhadap orang yang berhak menerimanya dengan syarat tertentu dari Allah swt.
Menurut pengalaman saya sendiri menyisakan sedikit uang atau gaji kita untuk berinfak maupun sedekah itu sulit banget ya temen-temen. Tetapi dibalik itu semua pasti ada hikmah yang Allah akan berikan kepada kita nanti. Kebaikan berbagi dengan sesama sudah banyak dalilnya didalam al-qur’an, seperti pada Q.S Al-Baqarah ayat ke 195 yang artinya “Dan belanjakanla (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

Semua orang pasti bisa besedekah, tetapi niatnya saja yang masih kurang. Seperti saya sendiri sudah berniat untuk bersedekah tetapi melihat barang bagus di toko online jadi tertarik ingin membelinya, dan jika kita sudah membeli barangnya serta kita sudah memakai uang yang seharusnya untuk kita sedekahan maka tidak jadilah kita bersedekah. Semua orang pasti pernah mengalami hal seperti itu, maka kita sebaiknya jangan mudah tertarik dengan barang-barang menarik, lebih baik uang kita ditabung untuk masa depan kita, misalnya untuk tabungan ketika kita ingin berumah tangga nanti, atau lebih baik untuk membeli barang-barang yang bermanfaat dan jangan lupa untuk bersedekah. Karena sebagian harta kita ada hak orang lain yang berhak menerimanya.

Bayangkan saja diluaran sana ada banyak orang yang igin bersedekah tetapi mereka tidak bisa bersedekah karena untuk makan setiap harinya saja mereka masih kekurangan. Maka dari itu ayolah temen-temen mulai hari ini kita saling menebar kenaikan sesama kita. Ya setidaknya dengan cara menyisakan sedikit uang kita untuk kita berikan kepada orang yang berhak menerimanya. Bersedekah juga tidak hanya berbentuk uang, kita juga bisa memberikan barang, seperti pakaian dan lain sebagainya.

Saya sendiri juga pernah memberikan pakaian saya kepada orang-orang yang berhak menerimanya seperti orang-orang yang telah tertimpa bencana alam, tetapi sebaiknya berikanlah pakaian yang masih layak pakai ya temen-temen, jangan kalaian memberi barang yang sudah sobek maupun rusak misalnya, itu tidak bak temen-temen, lebih baik jika kita ingin memberi pakaian maka berilah yang misalnya kita sudah tidak muat untuk dipakai dan itu masih bagus untuk disumbangkan atau diberikan keorang lain.

Banyak sahabat nabi yang berlomba-lomba dalam hal sedekah, misalnya umar bin khatab dan abu bakar misalnya, mereka saling berlmba untuk menginfakkan sebagian hartanya. Sampai-sampai abu bakar saja rela memberikan seluruh hartanya. Dan ada pula Umar Bin Khatab yang rela mebagi-bagikan hartanya dijalan Allah.

Dari kisah-kisah diatas dapat kita petik bahwasannya sedekah itu tidak membuat diri kita menjadi orang yang kekurangan, tetapi banyak juga hikmahnya seperti menghapus dosa kita, memperbnayak rejeki kita, menamba keimanan kita, kita dijauhkan dari bala bencana, dan dapat juga memperpanjang umur. Rasulullah juga pernah bersabda : sedekah dapat menjauhkan diri kita dari mara bahaya dan dapat juga menjadikan umur panjang.


Sekarang ini sedang maraknya wabah virus ya temen-temen, pasti kalian sudah tau kan? Namanya adalah virus covid-19 atau corona, jadi temen-temen selalu jaga kesehatan ya. Tetapi dibalik semau ini pasti ada hikmahnya, sekarang kita jadi tau orang-orang dermawan diluaran sana yang mau mengulurkan tangannya untuk membantu orang-orang yang terdampak covid-19. Semoga kita semua selalu dalam perlindungan Allah, Aamiin.

Lanjut kepembahasan ya temen-temen. Diluaran sana banyak kisah dari seseorang yang sering bersedekah dan ia sekarang bisa menjadi oarang sukses dan kaya, tetapi jika kita ingin sukses atau pun ingin bisa tercapai cita-cita kita janagnlah berhenti berusaha dan jangan lupa diiringi dengan doa. Mari mulai sekarang kita saling menebar kebaikan sesama kita, agar hidup kita semakin bermanfaat dan kita juga akan mendapat pahala dari Allah.

Semoga artikel yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi kita semua ya, terima kasih sudah berkunjung, dan jika kalian juga mempunyai cerita menarik untuk dibagikan tentang hal-hal yang berbuat kebaikan kepada orang lain silahkan komen dibawah ya.

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Menebar Kebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa

#MenebarKebaikan
#LombaBlogMenebarKebaikan